PROPOSAL PENELITIAN
TINDAKAN KELAS (PTK)
I.
JUDUL
“Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Memahami Fungsi
Menu dan Ikon Microsoft Word 2007 Melalui Media LCD Proyektor, Siswa Kelas VIII
A Semester I SMP Pancasila 15 Giriwoyo Tahun 2012/2013”
II.
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan pada dasarnya suatu
proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya, sehingga mampu
menghadapi segala perubahan dan permasalahan dengan sikap terbuka serta
pendekatan-pendekatan yang kreatif tanpa harus kehilangan identitas dirinya.
Sekolah merupakan bagian dari sistem pendidikan formal yang mempunyai
aturan-aturan jelas atau lebih dikenal dengan Silabus Pembelajaran sebagai
acuan proses pembelajaran dan guru sebagai fasilisator yang berperan dalam
keberhasilan seorang siswa, sehingga guru harus tepat dalam memilih model, metode,
dan media pembelajaran yang akan digunakan.
Microsoft Word 2007 adalah salah
satu materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kelas VIII pada
semester I sebagai salah satu kompetensi dasar yang terdapat dalam silabus
pembelajaran. Pada setiap pembelajaran di ruang komputer materi disampaikan
dengan cara membagi tiga kelompok siswa, hal ini dilakukan karena sarana
komputer yang tidak cukup untuk seluruh siswa yang berjumlah 30 sampai siswa sementara komputer yang ada berkisar 10
unit dan itu pun terkadang sering terjadi kemacetan saat sedang digunakan.
Karena alasan tertentu juga pembelajaran komputer diberikan secara klasikal,
artinya seluruh siswa dalam sekelas belajar sekaligus sehingga siswa
menggunakan satu unit komputer bertiga bahkan ada yang satu computer untuk 4
orang.
Kondisi pembelajaran seperti itu
menimbulkan beberapa permasalahan antara lain :
a.
siswa belajar hanya dua jam
pelajaran dibagi empat kelompok sehingga pengerjaan latihan dibutuhkan beberapa
kali pertemuan dan terbatasnya kesempatan untuk siswa mengembangkan
kreatifitasnya,
b.
karena ruang menjadi sempit
oleh meja dan komputer maka jika ada siswa yang bertanya terasa sulit untuk
dihampiri terlebih jika satu kelas masuk secara bersamaan,
c.
Hasil belajar sangat kurang
memuaskan karena dari 30 siswa dalam mengerjakan soal ulangan yang tuntas
sesuai KKM 65,00 adalah 20% (6 siswa) sedangkan yang belum tuntas KKM 65,00 80%
(24 siswa)
Atas dasar kenyataan inilah, maka
perlu dicari alternatif lainnya dengan melakukan inovasi dan pendekatan, baik
itu dalam penggunaan media ataupun metode penyampaian sehingga proses
pembelajaran dapat berlangsung aktif, efektif, dan menyenangkan.
Penelitian ini akan difokuskan pada
upaya untuk mengatasi faktor internal yang diduga menjadi penyebab rendahnya hasil
belajar siswa kelas VIII A SMP Pancasila 15 Giriwoyo, dalam mempraktek latihan
kerja siswa, yaitu kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam menggunakan model,
pendekatan, pendekatan, dan metode serta media pembelajaran sehingga kegiatan
pembelajaran berlangsung monoton dan membosankan. Salah satu media pembelajaran
yang diduga mampu mewujudkan situasi pembelajaran yang kondusif, aktif,
kreatif, efektif, dan menyenangkan adalah pendekatan menggunakan media LCD proyektor.
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar
belakang masalah yang telah dapat di ketahui yang menjadi permasalahan pokok
yang pertama adalah : rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Pancasila 15 Giriwoyo pada
mata pelajaran Teknologi Informasi & Komunikas (TIK) dan yang kedua jumlah jam yang tersedia
sangat terbatas, maka dapat diidentifikasikan masalah hasil belajar siswa di sekolah sebagai berikut :
a.
terbatasnya kesempatan untuk
siswa mengembangkan kreatifitasnya,
b.
siswa yang bertanya terasa
sulit untuk dihampiri terlebih jika satu kelas masuk secara bersamaan.
c.
Hasil belajar sangat kurang
memuaskan , sebagian besar dibawah KKM.
C. Pembatasan Masalah
Dari uraian identifikasi masalah yang telah disebutkan,
maka masalah yang akan di teliti, maka penelitian difokuskan pada “Penggunaan Media LCD Proyektor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Materi Memahami Fungsi Menu dan Ikon Microsoft Word 2007 Siswa Kelas VIII A
Semester II Tahun 2012/2013 SMP Pancasila 15 Giriwoyo”.
D. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan
pembatasan masalah tersebut di atas, sehingga dapat dirumuskan : Seberapa besar
efektifitas Peningkatan Hasil Belajar Materi Memahami Fungsi Menu dan Ikon
Microsoft Word 2007 Melalui Media LCD Proyektor, Siswa Kelas VIII A Semester II
SMP Pancasila 15 Giriwoyo Tahun2012/2013?
E. Tujuan Penelitian
Penelitian dilakukan dengan tujuan :
1.
Tujuan Umum :
Untuk
mengetahui efektifitas Pemanfaatan
Media LCD Proyektor di Laboratorium Komputer dalam membimbing siswa kelas VIII A
SMP Pancasila 15 Giriwoyo mengenai cara menggunakan program Microsoft excel.
2.
Tujuan
Khusus
Untuk
meningkatkan Pemanfaatan
Media LCD Proyektor dalam meningkatkan hasil siswa kelas VIII A di SMP Pancasila
15 Giriwoyo tahun 2012/2013.
F. Manfaat Penelitian
Manfaat yang
diharapkan dari penelitian ini, antara lain :
1.
Manfaat
Teoritis
Mendapatkan cara penyampaian media pembelajaran yang
tepat untuk memanfaatkan Media LCD Proyektor di Laboratorium Komputer
dalam membimbing siswa kelas VIII A di SMP Pancasila 15 Giriwoyo mengenai
cara menggunakan program Microsoft Word.
2.
Manfaat
Praktis
a.
Bagi siswa
untuk meningkatkan hasil belajar.
b.
Bagi guru
sebagai bahan pertimbangan dan informasi dalam memilih model pembelajaran,
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
c.
Bagi
sekolah untuk memperbaiki kondisi pembelajaran, sehingga dapat membantu
menciptakan panduan pembelajaran bagi mata pelajaran lain.
1xbet korean | Legalbet.co.kr
BalasHapusBet on Sports in one click at legalbet.co.kr. The 카지노 most secure 1xbet korean way to make online bets is with our 메리트 카지노 쿠폰 dedicated team of professional tipsters.