Jumat, 12 Oktober 2012

PTK KELAS 8


PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

I.         JUDUL
“Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Memahami Fungsi Menu dan Ikon Microsoft Word 2007 Melalui Media LCD Proyektor, Siswa Kelas VIII A Semester I SMP Pancasila 15 Giriwoyo Tahun 2012/2013”
II.       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan pada dasarnya suatu proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya, sehingga mampu menghadapi segala perubahan dan permasalahan dengan sikap terbuka serta pendekatan-pendekatan yang kreatif tanpa harus kehilangan identitas dirinya. Sekolah merupakan bagian dari sistem pendidikan formal yang mempunyai aturan-aturan jelas atau lebih dikenal dengan Silabus Pembelajaran sebagai acuan proses pembelajaran dan guru sebagai fasilisator yang berperan dalam keberhasilan seorang siswa, sehingga guru harus tepat dalam memilih model, metode, dan media pembelajaran yang akan digunakan.
Microsoft Word 2007 adalah salah satu materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kelas VIII pada semester I sebagai salah satu kompetensi dasar yang terdapat dalam silabus pembelajaran. Pada setiap pembelajaran di ruang komputer materi disampaikan dengan cara membagi tiga kelompok siswa, hal ini dilakukan karena sarana komputer yang tidak cukup untuk seluruh siswa yang berjumlah 30 sampai  siswa sementara komputer yang ada berkisar 10 unit dan itu pun terkadang sering terjadi kemacetan saat sedang digunakan. Karena alasan tertentu juga pembelajaran komputer diberikan secara klasikal, artinya seluruh siswa dalam sekelas belajar sekaligus sehingga siswa menggunakan satu unit komputer bertiga bahkan ada yang satu computer untuk 4 orang.
Kondisi pembelajaran seperti itu menimbulkan beberapa permasalahan antara lain :
a.         siswa belajar hanya dua jam pelajaran dibagi empat kelompok sehingga pengerjaan latihan dibutuhkan beberapa kali pertemuan dan terbatasnya kesempatan untuk siswa mengembangkan kreatifitasnya,
b.        karena ruang menjadi sempit oleh meja dan komputer maka jika ada siswa yang bertanya terasa sulit untuk dihampiri terlebih jika satu kelas masuk secara bersamaan,
c.         Hasil belajar sangat kurang memuaskan karena dari 30 siswa dalam mengerjakan soal ulangan yang tuntas sesuai KKM 65,00 adalah 20% (6 siswa) sedangkan yang belum tuntas KKM 65,00 80% (24 siswa)
Atas dasar kenyataan inilah, maka perlu dicari alternatif lainnya dengan melakukan inovasi dan pendekatan, baik itu dalam penggunaan media ataupun metode penyampaian sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung aktif, efektif, dan menyenangkan.
Penelitian ini akan difokuskan pada upaya untuk mengatasi faktor internal yang diduga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Pancasila 15 Giriwoyo, dalam mempraktek latihan kerja siswa, yaitu kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam menggunakan model, pendekatan, pendekatan, dan metode serta media pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung monoton dan membosankan. Salah satu media pembelajaran yang diduga mampu mewujudkan situasi pembelajaran yang kondusif, aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan adalah pendekatan menggunakan media LCD proyektor.




B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah yang telah dapat di ketahui yang menjadi permasalahan pokok yang pertama adalah : rendahnya hasil belajar siswa  kelas VIII A SMP Pancasila 15 Giriwoyo pada mata pelajaran Teknologi Informasi & Komunikas (TIK)  dan yang kedua jumlah jam yang tersedia sangat terbatas, maka dapat diidentifikasikan masalah hasil  belajar siswa di sekolah sebagai berikut :
a.         terbatasnya kesempatan untuk siswa mengembangkan kreatifitasnya,
b.        siswa yang bertanya terasa sulit untuk dihampiri terlebih jika satu kelas masuk secara bersamaan.
c.         Hasil belajar sangat kurang memuaskan , sebagian besar dibawah KKM.
C.    Pembatasan Masalah
Dari uraian identifikasi masalah yang telah disebutkan, maka   masalah yang akan di teliti, maka penelitian difokuskan pada “Penggunaan Media LCD Proyektor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Memahami Fungsi Menu dan Ikon Microsoft Word 2007 Siswa Kelas VIII A Semester II Tahun 2012/2013 SMP Pancasila 15 Giriwoyo”.
D.    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah tersebut di atas, sehingga dapat dirumuskan : Seberapa besar efektifitas Peningkatan Hasil Belajar Materi Memahami Fungsi Menu dan Ikon Microsoft Word 2007 Melalui Media LCD Proyektor, Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Pancasila 15 Giriwoyo Tahun2012/2013?
E.     Tujuan Penelitian
Penelitian dilakukan dengan tujuan :
1.    Tujuan Umum :
Untuk mengetahui efektifitas Pemanfaatan Media LCD Proyektor di Laboratorium Komputer dalam membimbing siswa kelas VIII A SMP Pancasila 15 Giriwoyo mengenai cara menggunakan program Microsoft excel.
2.    Tujuan Khusus
Untuk meningkatkan Pemanfaatan Media LCD Proyektor dalam meningkatkan hasil siswa kelas VIII A di SMP Pancasila 15 Giriwoyo tahun 2012/2013.
F.     Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini, antara lain :
1.    Manfaat Teoritis
Mendapatkan cara penyampaian media pembelajaran yang tepat untuk memanfaatkan Media LCD Proyektor di Laboratorium Komputer dalam membimbing siswa kelas VIII A di SMP Pancasila 15 Giriwoyo mengenai cara menggunakan program Microsoft Word.
2.    Manfaat Praktis
a.         Bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar.
b.        Bagi guru sebagai bahan pertimbangan dan informasi dalam memilih model pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
c.         Bagi sekolah untuk memperbaiki kondisi pembelajaran, sehingga dapat membantu menciptakan panduan pembelajaran bagi mata pelajaran lain.

1 komentar:

  1. 1xbet korean | Legalbet.co.kr
    Bet on Sports in one click at legalbet.co.kr. The 카지노 most secure 1xbet korean way to make online bets is with our 메리트 카지노 쿠폰 dedicated team of professional tipsters.

    BalasHapus